May 17, 2018

Edukasi Duit: Mengapa Orang China Kaya?

Baca Juga



Saat mencari kata kunci 'mengapa orang Tionghoa', kalimat tersebut secara otomatis diisi dengan kata 'menjadi kaya'. Itu menunjukkan istilah pencarian yang paling sering kita gunakan. Itu juga menunjukan bahwa orang Cina di seluruh dunia memang terkenal kaya. Bukan hanya dalam bentuk turis yang kita lihat. Tetapi dalam manajemen. Pemilik Bisnis dan para jutawan top dunia. Di Indonesia, sering sekali kekayaan identik dengan kata Cina.

Saya tidak bisa mengatakan bahwa semua orang Tionghoa adalah orang kaya. Tentunya ada faktor lain yang membuat semua orang Cina bisa berhasil atau gagal. Misalnya, ekonomi setiap era atau struktur masyarakat yang berbeda. Tetapi bagi mereka (orang Cina) yang sukses dalam keuangan, selalu ada sesuatu untuk dibagikan. Hari ini kita akan fokus pada titik ini, dimana kita bisa melihat kiat, cara berpikir kebiasaan dan kehidupan yang harus kita pelajari dari orang-orang keturunan cina.

1. Rajin

Orang Cina pekerja keras. Di rumah menjadi pelatih dagang, anak-anak mereka dan semua orang di rumah akan memiliki keinginan untuk menjual apapun sepanjang waktu. Orang Cina akan menutup toko beberapa hari. Sabtu toko buka tapi untuk waktu yang lama, orang Cina meninggalkan rumah jam tujuh malam. Jam tiga pagi sudah kembali ke toko. Bukankah orang-orang ini bekerja sangat rajin. Kegembiraannya adalah bekerja dan memikirkan klien sepanjang waktu. Dan hal-hal ini diajarkan kepada setiap generasi.

2. Menabung

Orang-orang Cina sangat rinci soal pengeluaran. dan lebih banyak menyimpan uang dalam bentuk tabungan sehingga mereka setiap hari semakin banyak uang dan semakin kaya, saya pernah bertanya tentang hari ke depan. Mengapa menggunakan uang untuk menyimpannya dalam jangka waktu yang lama. Generasi baru selalu bertanya-tanya mengapa tidak hidup bahagia dan foya-foya. Tapi lihat di sudut sana. Orang Cina ini memang gemar menabung dan mereka bahagia melihat angka-angka yang semakin besar dalam tabungan mereka.

3. Kesabaran

Saya telah meneliti bahwa salah satu kualitas yang membuat orang Cina sukses adalah kesabaran. Inilah gambaran besar orang-orang China. Mereka tidak takut akan kesulitan dan kekhawatiran dalam menghadapi hidup. Orang Cina dapat membuat daging dari sebuah bantal. Maksud saya bukan realitasnya seperti itu. Ketika Anda menemukan sedikit hambatan, biasanya anda akan menjadi pemohon dan meminta bantuan kepada orang lain. Orang Cina tidak seperti itu, mereka akan menghadapi hambatan itu dengan sangat sabar, apapun yang mereka miliki semua bisa menjadi uang.

4. Perdagangan yang Baik

Titik kecil yang kita lihat tidak mungkin menghasilkan pendapatan. Orang Cina selalu bisa menangkap peluang. Mereka bahkan bisa menjual semuanya. Orang-orang Tionghoa yang sia-sia dapat membuka usaha mereka sendiri. Dan jangan meremehkan laba walaupun kecil. Apa pun yang bisa menjual mereka akan jual sampai habis.


5. Kejujuran

'Saya tidak bisa makan sepanjang waktu' adalah ajaran yang diajarkan kepada setiap generasi. Bukan berarti kebanyakan orang. Cina adalah generasi orang jujur. Tetapi orang-orang sukses sering memiliki kebajikan ini dalam pikiran mereka. Jangan manfaatkan pelanggan. Perhatikan dan jagalah, selalu tulus dalam berdagang. Di rumah, orang cina punya anak laki-laki untuk menjual suku cadang. Ayahnya akan memeriksa barang tersebut dan mengatakan bahwa barang ini laku dijual. Persaingan tidak pernah terjadi di luar toko, semua orang boleh sama menjual barang yang sama, tapi mengapa seorang pelanggan kembali lagi ke Toko milik orang cina, karena mereka jujur dan tidak pernah menyembunyikan cacat dalam barang dagangannya.

Comments
0 Comments