October 4, 2017

10 Hal yang Wajib Anda Tahu Mengenai Google Glass

Baca Juga


Saya yakin semua orang, kebanyakan dari kita telah mendengar mengenai apa itu Google Glass. Suatu hari nanti, anda akan melihat beberapa orang melakukan rutinitas sehari-hari menggunakan Google Glas, bahkan semua orang akan menggunakannya untuk hal-hal yang lebih ekstrim seperti terjun payung dan lain-lain.

Google Glas diletakan di kepala, sebuah gadget yang dipakai untuk memberikan pengalaman baru, yang bisa diperintah oleh anda sesuka hati.

Sementara ini, Google Glass masih dikembangkan, tentunya kita harus bersabar menunggu produk ini dilepas ke pasaran.

Kita sedang membicarakan mengenai perangkat keras yang mampu melakukan segala hal. Maka bersiaplah menghadapi masa depan di mana banyak orang nanti akan menggunakan Google Glass ketika produk ini diluncurkan.

Inilah 10 hal yang dapat harus anda tahu dari kacamata berteknologi tinggi ini.

1. Hardware kecil (Tapi Powerfull) 

Sungguh menakjubkan bagaimana tim Project Google Glass ini telah berhasil mengecilkan semua fitur-fiturnya menjadi sangat kecil, Google Glas ibarat 'komputer' mungil yang di bingkai dengan kuat tapi ringan.

Google Glass dikemas menggunakan Bluetooth, Wi-Fi, GPS, speaker, kamera, mikrofon, touchpad dan mungkin giroskop yang bisa mendeteksi apapun ketika kepala dimiringkan . Lalu ada bagian-bagian utama, sebuah layar kecil di ujung jari anda yang menunjukkan semua informasi yang dibutuhkan, semuanya benar-benar berada di ujung jari Anda.

2. Perintahkan saya!

Yah, semua hardware bisa dimanfaatkan dengan baik: Google Glass memiliki input suara, yang membuat segala sesuatu jauh lebih menarik. Mikrofon built-in yang dikombinasikan dengan Google lalu dihubungkan langsung ke mesin pencari.

Anda bisa mengaktifkan Google hanya dengan mengatakan “ Oke Glas” kemudian mesin tersebut akan mengirim perintah atau pertanyaan. Memiringkan kepala anda atau melakukan hal yang anda inginkan.

Anda dapat mengambil foto atau merekam video, semuanya hanya dengan mengatakan satu perintah untuk melakukan hal-hal tersebut. Di sebelah kanan anda terdapat touchpad di mana Anda dapat menggesek nya melalui menu register dan pilihan yang anda sukai.

3. Menuruti Perintah

Pengguna Google Glass bisa hidup lebih mudah di kehidupan nyata dan menyimpan semua gambar atau video. Anda tidak perlu mencari restoran atau mesjid dengan melihat handphone, cukup download aplikasi lewat google glass seperti aplikasi foto lalu mengatakan ,“Ambil Foto” maka dalam sekejap anda bisa langsung melihat fotonya. Bayangkan Betapa kerennya mesin ini.

Selain foto, anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan video, seperti dalam film Harry Potter, anda hanya membaca mantra lalu bim salabim, semisal ketika anda melakukan olahraga ekstrim, atau pekerjaan lainnya yang tidak memungkinkan anda memegang Handphone, seperti terjun payung atau mengendarai motor di pegunungan yang ekstrim, lalu mengatakan “Video Glass” maka semua pekerjaan anda akan terekam melalui Video.

Tentu saja, kualitas gambar dan video yang berasal dari perangkat kecil ini tidak sebanding dengan kamera DSLR , namun dengan Google Glas, anda tidak akan lagi kehilangan momen-momen tertentu yang begitu menarik dalam kehidupan anda.

4. Selalu Siap Telphone

Dengan Google Glass anda tidak hanya mampu merekam video, juga dapat bertindak sebagai webcam dengan koneksi data dari rumah atau smartphone. Anda dapat menyambungkannya dengan Google Hangout, dan melakukan apa saja yang anda perlukan tanpa dibatasi.

Fitur ‘masukan suara’ yang kuat, juga memungkinkan anda mendikte pesan berupa teks, melampirkan video dan gambar serta mengirimnya melalui sambungan data seluler tanpa harus menghapusnya dari telepon genggam.

5. Jangan Lagi Melihat Kebawah 

Dengan bantuan google map dan chip GPS, anda akan lebih mudah melakukan navigasi. Tentunya ini akan sangat menguntungkan karena anda tidak perlu lagi melihat kebawah pada smartphone yang berada di saku anda. ini akan sangat berguna ketika Anda mengemudi, ketika berjalan di trotoar, di jalan ramai atau ketika sedang mengendarai sepeda motor. Anda tidak perlu berhenti memeriksa pesan sms atau telphone yang masuk. Ini adalah contoh sempurna dari perangkat teknologi yang benar-benar akan ada di dunia nyata .

6. Mudah dipakai komunikasi

Jika Anda telah membaca semua kelebihan Google Glass, maka anda bisa melakukan apa saja, contohnya ketika anda melakukan perjalanan ke luar negri, Pikirkan tentang perjalanan dan mengunjungi tempat di mana Anda tidak bisa berbicara bahasa lokal.

Tapi dengan Google Glass semuanya akan menjadi mudah, anda dapat mengkonversi nilai mata uang, memahami sistem pengukuran (panjang atau pendek), menerjemahkan pertanyaan yang anda dengar dengan cara menyambungkannya lewat mikropon, jawaban anda akan langsung diterjemahkan lewat suara ‘bahasa’ mereka.

Tentunya ini merupakan fakta-fakta menyenangkan, anda bisa nongkrong di tempat minum terbaik, mendapatkan akses tentang budaya lokal, lalu menyimpan semua perjalanan anda melalui video, anda tidak perlu lagi kembali ke apartemen untuk melihat foto liburan anda, cukup perintahkan dengan satu suara, Google Glass akan membawa anda kembali pada momen-momen yang menyenangkan

7. Hidup dari Lapangan

Jadwal pekerjaan yang ditunjukkan kepada Anda biasanya datang dari aplikasi bernama Google Now, yang tertanam di Android Jelly Bean, Google Now tahu jadwal anda ketika meninggalkan rumah untuk bekerja, dapat memperingatkan ketika lalu lintas sedang buruk sebelum Anda terjebak di perjalanan.

Anda dapat mengatur jadwal pertandingan tim olahraga favorit Anda, dan memberikan berita terbaru, skor dan pembaruan dari tim setiap kali mereka bermain. Semua fitur tersebut tersedia di Android, tapi dengan Google Glass, Anda tidak perlu lagi memeriksa perangkat Anda untuk mendapatkan semua petunjuk petunjuk itu, aplikasi Google Now akan berubah dengan menunjukkan semua informasi langsung kepada Anda lewat boarding pass, tentang jadwal pertemuan berikutnya, pemesanan hotel dan restoran, pengingat ulang tahun dan peristiwa penting yang terjadwal dalam kalender Anda.

8. OS Kompatibilitas Bukan Masalah


Google Glass bekerja tidak hanya dengan ponsel Android tetapi juga dengan iPhone, menurut sebuah laporan . Terlepas dari chip GPS di dalamnya, Google Glass tergantung pada Wi-Fi atau konektivitas mobile untuk memberikan fitur-fiturnya. Ini hanya permainan yang adil jika tersedia aksesori pihak ketiga.

Ketika dipasangkan dengan handphone, itu dapat menunjukkan pemberitahuan jaringan sosial dan membiarkan Anda berkomunikasi melalui saluran yang sama seperti yang Anda lakukan di komputer. Hal ini menghilangkan kebutuhan dari melihat smartphone terus-menerus, memberikan Anda lebih banyak waktu untuk berkonsentrasi pada tugas di tangan anda.

9. Cocok untuk Fashion


Alat berteknologi tinggi ini di desain begitu ramping dan keren? Google Glass ketika pertama kali diumumkan lebih dari setahun yang lalu, telah menerima banyak anggukan dari industri fashion.

Google Glass begitu ringan, dan mudah dipakai, tersedia dalam 5 pilihan warna, Google Glass diatur untuk mendapatkan make-over dengan bantuan dari kacamata perusahaan .

Fleksibilitas dalam desain bisa dicocokan dengan frame dan lensa yang berbeda, - bagian komputasi dari Kaca ini dapat dibuka atau ditutup secara otomatis.

10. Harga yang Menguras Kantong


Google pertama kali mengembangkan Glass selama konferensi Google I tahun lalu. Pada saat itu, harga untuk Google Glass berkisar $ 1.500 (Rp 15 juta) dan mereka mengatakan bahwa harga Google Glass akan tetap sama ketika di rilis akhir tahun nanti.

***Asep Bahtiar***

Comments
0 Comments