September 22, 2017

Apa itu E-Commerce, dan 8 Cara Sederhana Memasarkan Konten dan Menguasai Pasar Industri

Baca Juga


E-Commerce atau Memasarkan konten, melakukan jual beli di dunia online, bertukar data dan transformasi informasi antar para user, E-Commerce adalah pekerjaan yang sangat berat bagi para pengembang, selain harus mempunyai keahlian husus, mereka diwajibkan pula menguasai teknik dan jurus-jurus jitu dalam pemasaran agar web yang mereka bangun agar bisa lebih populer dimata mbah Google. E-Commerce adalah salah satu cara terbaik yang bisa membawa anda meraih banyak pelanggan baru ke toko atau web yang anda miliki.

Delapan puluh dua persen dari para konsumen, mereka membagikan informasi positif tentang sebuah web setelah membaca konten yang mereka anggap bermanfaat. 70 persen dari mereka memilih untuk belajar tentang rahasia web dan belajar memasarkan produk melalui konten yang mereka baca.

Memasarkan konten akan sangat sulit jika anda tidak mengerti apa yang harus anda lakukan. Terutama dalam bidang pemasaran, anda tidak akan berhasil jika konten yang dibuat tidak berkualitas. Gunakan sembilan Tips di bawah ini

1.Buat Menarik 

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan pemasaran adalah: Pertama pahamilah pelanggan anda dengan lebih baik. Anda bisa melakukan studi kasus dalam menggali informasi dari para pembeli, Ini adalah deskripsi rinci dari target pelanggan yang ditentukan. Jika anda tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang siapa mereka, apa yang mereka inginkan, bagaimana anda bisa menjelaskan produk yang dipasarkan dan membuat mereka tertarik pada konten anda?

Oke, taruhlah, sekarang anda mempunyai kesempatan yang cukup bagus dalam memasarkan produk, mempunyai gagasan tentang siapa target pelanggan anda. Tapi memiliki ide saja tidak cukup. Anda perlu tahu segala hal tentang mereka, usia mereka, lokasi mereka, pendapatan mereka, kebutuhan mereka. Tidak harus 100 persen akurat untuk setiap orang, tapi setidaknya mewakili minimal karakteristik dari para pelanggan ideal anda.

Dalam upaya menarik minat para pembeli, pertama anda harus mengidentifikasi beberapa kelompok dan pelanggan sesuai target anda. taruhlah saat ini, anda memiliki dua kelompok, lima, dua puluh, atau hanya memiliki satu kelompok saja. Mungkin anda hanya menjual pakaian pria dan wanita yang berpusat di kelompok pelanggan wanita atau hanya di kelompok laki-laki

Jika anda sudah memiliki banyak kelompok, katakanlah kalau dalam blog, anda sudah mempunyai banyak sub menu, toko khusus pakaian atau toko khusus sepatu, maka mulailah anda mengelompokan para pelanggan anda, mulailah meneliti tentang bagian per bagian dari kelompok-kelompok yang anda miliki untuk mendapatkan rincian yang lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin bisa menjelaskan tentang rincian kelompok pelanggan anda

Berapa usia pelanggan?
Di mana pelanggan tinggal? Di daerah perkotaan, atau pedesaan?
Apakah pelanggan sudah menikah?
Pelanggan hidup bersama siapa?
Apa jenis kelamin pelanggan?
Apa tingkat pendidikan yang pelanggan miliki?
Jenjang sekolah terakhir?
Apa yang mereka pelajari di sekolah?
Apa jenis pekerjaan yang mereka miliki?
Berapa pendapatan rumah tangga tahunan mereka?
Apakah Mereka memiliki anak?
Apa pekerjaan Mereka?
Apakah pelanggan memiliki rumah atau mereka menyewa?
Apa saja hobi Mereka?
Berapa banyak waktu yang mereka habiskan di tempat kerja dan rumah?
Apa jenis kendaraan yang mereka miliki?
biasanya apa yang mereka lakukan untuk bersenang-senang?
Apa jenis perangkat mobile yang mereka miliki?
Bagaimana mereka menghabiskan hari-hari mereka?
Apa ketakutan terbesar mereka?
Apa moto hidup mereka?
Dengan cara apa mereka lebih suka berkomunikasi?
Apa saja media sosial yang mereka gunakan?

Ini hanya contoh saja, pertanyaan-pertanyaan di atas bisa lebih detail agar anda bisa mengelompokan mereka, sebuah perusahaan besar biasanya akan lebih spesifik dalam memberikan pertanyaan.

Selain mengajukan pertanyaan di atas, anda juga bisa menggunakan cara lain seperti mengumpulkan data dengan cara melakukan kunjungan atau survey ke rumah mereka, anda bisa melihat langsung kehidupan para pelanggan anda, bagaimana cara mereka berinteraksi sosial dan apa pekerjaan yang mereka miliki. Anda bisa mengecek data KTP dan NPWP dan angsuran kredit mereka setiap bulannya.

Setelah mengumpulkan semua informasi tentang mereka, sekarang waktunya bagi anda untuk menempatkan mereka dalam satu file dan struktur data yang anda suka. Jadi dengan data tersebut, anda bisa menawarkan harga produk murah untuk kalangan kelas bawah, dan memasarkan produk mahal untuk kalangan kelas atas, Maksudnya, anda jangan sampai keliru dalam memasarkan barang, menawarkan mobil untuk orang-orang di desa atau menawarkan pupuk organik untuk mereka yang bekerja di Kota. Pengelompokan file ini demi menjaga hubungan agar lebih baik dengan para pelanggan dan produk yang anda pasarkan bisa lebih efektif bagi mereka. Itulah sebabnya, data lebih penting dari produk itu sendiri, saking ‘mahalnya’ sebuah data, bahkan di pasar gelap, data-data rinci ini diperjualbelikan secara ilegal oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

2.Menghajar Para Pesaing anda

Menghancurkan para pesaing adalah proses dimana saatnya anda menggunakan berbagai alat atau tool untuk menganalisa, memata-matai strategi para pesaing, anda bisa melihat konten yang mereka buat dan mencari tahu di mana backlink-backling yang mereka tanamkan. Ini adalah siasat yang bagus dalam mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang para pesaing, tidak hanya menganalisa konten, tetapi juga menganalisa industri dan pasar yang mereka miliki.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk 'menghajar’ para pesaing. Ada banyak tool atau alat di luar sana, seperti menggunakan Google Master tool dan lain sebagainya. Tapi tujuan pokoknya adalah mengidentifikasi prilaku para pesaing. Tetapi jangan terlalu kentara dan terlalu kasar, seperti melakukan copy paste atau meniru-niru pesaing anda, Tidak begitu, tetapi anda harus mempunyai gagasan baru yang tidak terpikirkan oleh para pesaing.

Buatlah daftar 10 sampai 25 kata kunci yang diinginkan agar Blog anda berada di peringkat #1. Google. Maka anda bisa menggunakan berbagai alat tool, atau mengandalkan Google sendiri,  mencari tahu siapa yang saat ini berada diperingkat pertama.

Setelah mengidentifikasi para pesaing, perlukiranya melihat juga ke dalam konten dan copywriting yang mereka buat untuk membandingkannya dengan yang anda miliki. Periksa kembali apakah mereka seorang blogging - jika demikian, seberapa sering mereka membuat artikel, apa topik yang sering mereka tulis, berapa lama durasi membaca pos yang mereka buat?.

Disamping itu, anda juga bisa memeriksa halaman mereka. Bagaimana mereka terstruktur? Apa jenis konten yang mereka miliki? Apa jenis media yang mereka gunakan? Semakin banyak informasi yang dikumpulkan, semakin banyak ide yang dapat diambil untuk diterapkan ke dalam situs anda.

3.Tentukan Konten

Salah satu tips mudah membantu meningkatkan pemasaran, adalah merinci secara gamblang tentang jenis konten yang sedang anda kembangkan. Satu hal yang harus diperhatikan, bahwa konten yang anda buat tidak melulu untuk ‘menghajar’para pesaing tapi juga harus melihat kebutuhan pasar dan memecahkan masalah mereka.

Ambil data para pembeli yang telah anda buat dan kumpulkan berbagai informasi mengenai konten atau artikel apa yang dibutuhkan pasar. Ada beberapa usaha bisa anda buat seperti:

Studi Kasus : Penunjukan studi kasus adalah cara yang tepat dalam meningkatkan kesadaran merek dagang, anda perlu menampilkan manfaat produk atau layanan yang harus dibuat. anda bisa menghasilkan studi kasus pada banyak skenario yang berbeda, asalkan bisa membuktikan keberhasilan perusahaan dan menciptakan kepercayaan lebih bagi para pelanggan.

Panduan Pembeli: Maksudnya, jenis artikel yang populer, tidak hanya dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian organik, tetapi juga mampu membujuk pembaca agar mereka benar-benar mau membeli produk yang anda tawarkan. Tentunya konten yang dibuat harus semenarik mungkin dan ditulis dengan rapih dan baik, sekitar 10 sampai 15 halaman, dan harus mencakup poin yang berguna, dan bisa membantu para pembeli agar mengerti aturan atau cara-cara membeli di blog yang anda buat.

Perbandingan Produk : Anda bisa melakukan perbandingan produk termasuk harga yang lebih terjangkau untuk para pembeli, sehingga mereka benar-benar betah dan nyaman belanja di web anda. Kadang-kadang, ada produk yang dihargai sangat murah tapi biaya ongkirnya sangat mahal, ini salah satu cacat dalam jual beli online.

Infografis : Maksudnya, website yang baik tidak hanya menampilkan konten menggunakan teks saja, tapi juga menampilkan gambar atau foto-foto bagus yang bisa menarik pembaca setia, anda bisa mengedit gambar terlebih dahulu, dibumbui beberapa kata-kata simpel di dalam gambar, atau mengkompres ukuran gambar agar tidak loading saat website dibuka.

Podcast : Podcast dapat menjadi iklan bagus dalam memasarkan produk yang anda miliki, ia bisa lebih banyak menjangkau para pembaca di luar sana, podcast tidak harus panjang, yang penting bisa menginformasikan keberadaan produk-produk yang paling laris yang anda miliki.

Ulasan Pelanggan : ulasan pelanggan dapat memberikan suara otentik kepada pelanggan baru. Mereka bisa anda gunakan sebagai ‘pembujuk’ agar teman-temannya mau singgah di blog anda. Sayangnya, kadang-kadang cara ini bisa sedikit mengganggu kredibilitas website. Salah satu solusinya, meminta pelanggan agar mau mengulas testimonial atau review dari website atau produk yang anda tawarkan.

4. Buat Kalender Kerja 

Setelah memutuskan jenis konten yang akan anda buat, anda juga perlu membuat kalender kerja agar semuanya bisa bekerja dengan lebih terorganisir. Sebuah kalender kerja adalah cara yang bagus untuk membantu anda dalam merencanakan apa saja konten yang akan anda ulas, kapan akan diterbitkan dan di mana ia akan di jual. Hal ini dapat menjadi alat yang berguna dalam membantu kinerja anda agar lebih baik.

Saat mulai membuat konten dan memiliki target audiens yang di cari, anda tidak perlu membuang banyak waktu, anda dapat menyesuaikan kalender dan strategi yang sesuai. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa anda maksimalkan dalam mengupayakan jadwal kalender kerja anda:

Membuat Judul website
Penjelasan singkat dari website
Kebutuhan pembeli anda
Kata kunci yang anda target
Topik atau kategori
Jenis konten
Nama Penulis/ pengulas barang
Tanggal jatuh tempo
Di mana anda ingin menjualnya
Sertakan pula promosi

5. Gunakan Gambar atau Video

Dalam strategi bisnis, cara lain dalam meningkatkan upaya pemasaran konten adalah menggunakan gambar atau video. Studi menunjukkan bahwa otak manusia lebih banyak memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat dari sekedar teks biasa. Konten visual dapat merangsang lebih banyak informasi, 89 persen bisa masuk konten favorit pembaca dan 150 persen lebih banyak di Share ketimbang konten tanpa menggunakan gambar.

Kelebihan menggarap bidang E-Commerce, anda bisa dengan mudah menemukan gambar suatu produk, anda bisa mengambilnya dari para pesaing anda, mengeditnya agar lebih menarik lalu menerbitkannya. Konten yang bagus harus diisi dengan foto-foto produk yang anda jual. Tapi harus sedikit kreatif. Tidak hanya mengambil gambar seenaknya saja untuk mempostingnya di web anda. Jadilah kreatif dan tunjukan kepada para pesaing, bahwa anda lebih unggul dari mereka.

Anda juga dapat memasukkan video ke dalam strategi pemasaran konten. Video menjadi semakin populer di pasar internet untuk saat ini, 55 persen orang melaporkan bahwa mereka menonton video online setiap hari. Juga, sebuah studi melaporkan bahwa video bisa menguasai 75 persen dari semua lalu lintas seluler pada tahun 2020.

Beruntung bagi anda, konten video pemasaran saat ini belum benar-benar membudaya. Ini berarti, jika anda dapat menambahkan video ke strategi pemasaran konten anda saat ini, anda bisa setingkat lebih maju dari para pesaing bisnis anda. Dengan memasukan video, 73 persen anda bisa menarik pembaca untuk membeli produk yang anda miliki.

Tentunya, Video yang anda unggah jangan terlalu besar, cukup sepersekian detik saja, tapi pada intinya bisa menggambarkan demnstrasi dari produk. bila kesulitan menulis sesuatu, anda bisa menggambarkannya menggunakan video yang lebih rinci agar melengkapi konten yang anda jual.

6. Promosikan Konten anda

Setiap hari, ada lebih dari tiga juta posting yang dipublikasikan di internet. Bagaimana mereka bisa ‘menemukan’ konten anda di tengah semua kebisingan itu? Oleh karenanya, anda perlu memastikan bahwa anda bisa mempromosikan konten ke luar website untuk menarget audiens yag anda inginkan, anda dapat mempromosikan konten dengan tiga cara

Pertama Promosikan melalui akun media social
Kedua anda bisa mempromosikan lewat media apa saja selain medsos, seperti email dll
Ketiga anda bisa mempromosikannya melalui Adwords atau media yang sanggup anda bayar.

Buatlah komunikasi yang handal di media sosial yang mereka miliki, dengan mengikuti facebook atau twitter yang mereka gunakan, sesekali jawablah pertanyaan atau mengakrabi mereka sehingga ketika anda berbagi konten, mereka bisa menerimanya dengan baik.

Anda bisa mempromosikan konten anda melalui media berbayar. Hal ini mencakup media sosial - Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn - serta iklan-iklan podcast, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda tidak perlu menjauhi para pesaing, adakalanya anda perlu berinteraksi dengan mereka, mengunjungi forum blogger dan berbagi link, saling berkunjung dan berkomentar. Jadikan persaingan bisnis menjadi sehat sehingga dari persaingan yang sehat itu anda bisa membagi keuntungan bersama.

7. Backlinks

Google telah berulang kali mengatakan bahwa backlink adalah salah satu dari tiga faktor dalam algoritma pencarian Google. Namun, link tidak hanya dibagikan. Memang cara ini sudah dianggap basi dan Google mengidentifikasi sebagai spam, tetapi anda perlu juga membuat backling untuk mendapatkan peringkat yang baik. Tentunya bangunlah backling yang berkualitas tinggi seperti menempatkannya di website luar negri, dari situs-situs berkualitas tentunya.

Buatlah Daftar Atau Draf 
Sebagian orang sangat menyukai daftar atau menu dan sub menu dalam sebuah blog, mungkin karena hal tersebut mudah dibaca dan cenderung lebih menyenangkan daripada membaca panduan yang panjang.

Penghargaan
Siapa yang tidak menyukai penghargaan? sesekali cobalah membuat posting penghargaan yang memiliki kategori yang berbeda, sehingga anda dapat menguasai banyak pengaruh di dunia maya, berilah penghargaan sebanyak mungkin. dengan cara mengadakan lomba di dalam blog anda atau mempromosikan produk-produk yang anda jual.

Perbandingan
Beberapa orang sangat menyukai perbandingan, misalnya buatlah artikel tentang Mac vs PC , Nike vs Adidas , atau iPhone vs Android .

Infografis 
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, selain teks atau artikel, gunakan pula video atau konten visual sehingga web anda bisa menjangkau banyak orang. Infografis sangat penting akhir-akhir ini, bahkan telah lahir baby boomer, kalangan anak muda penyuka video, tentunya buatlah video semenrik mungkin, tidak hanya menggambarkan informasi tapi di dalamnya juga terdapat editing musik yang bagus untuk mereka dengarkan’

8. Meminta Saran Dari Para Ahli

Anda juga bisa meminta informasi atau komentar dari para ahli yang sudah lama berkecimpung di dunia internet, anda bisa meminta saran kepada mereka tentang kekurangan web yang anda bangun, biasanya anda akan menemukan saran atau masukan yang tidak pernah anda pikirkan sebelumnya.

Comments
0 Comments