September 22, 2017

10 Langkah Strategi Pemasaran Melalui Facebook

Baca Juga



Setiap bulan, ada 2 miliar orang terhubung di Facebook. 800 juta orang menyukai sesuatu di situs media sosial. Dua angka ini kiranya cukup menjadi pertimbangan mengapa anda harus memasarkan produk melalui Facebook?. Berikut 10 Langkah strategi pemasaran melalui Facebook.

1. Tentukan Tujuan Anda

Jika menjual baju, tentukan target pembeli anda, jika menjual sepatu kepada siapa anda akan menjualnya?. Pastikan anda mempunyai pasar yang cukup bagus, bisa melalui grup atau halaman facebook yang memang membahas produk yang anda jual.

2. Cari Target Pasar Anda

Dimana target pasar anda? Jangkauan Facebbok sangatlah luas, jika anda orang Semarang misalnya, jangan hanya menarget orang yang berdomisli di Semarang saja, Jangkauan Facbook sangatlah Luas, anda perlu menarget pasar Indonesia, untuk Jual Beli walet, ada baik nya anda menarget pasar China, untuk jual beli batu kalimaya, ada baiknya anda menjangkau pasar Amerika, Facebook begitu Luas, targetkan pasar anda.Jika anda hanya menjual di daerah Semarang saja, Anda bisa mengoptimalkan Grup jual beli di daerah Semarang.

3. Pilih Anggaran dan Jadwal

Jika anda punya dana lebih, beberapa perusahaan biasanya suka menggunakan iklan melalui facebook, tapi anda harus mengerti jangakauannya, kapan waktu yang tepat iklan anda terpampang di beranda mereka, usahakan pada jam-jam santai bukan pada jam-jam sibuk di Kantor, anda bisa memilih waktu sore atau malam agar iklan/pemasaran anda lebih efektif bagi para pengguna di Indonesia.

4. Buat Iklan Facebook

Jika anda sudah mempunyai web, ada baiknya anda membuat iklan melalui Facebook, ada baiknya anda merancang kata-kata simpel tapi efektik menggunakan gambar atau foto yang cerah agar menarik perhatian para pembeli.

5. Optimalkan Iklan 

Menjaga iklan mobile dan desktop secara terpisah adalah cara yang baik untuk mengoptimalkan kampanye usaha kecil yang anda miliki. Facebook memasok beberapa alat besar untuk membantu anda, seperti editor gambar dan pencerahan warna pada latar belakang.

6. Hubungi

Selain teks dan gambar anda juga perlu menyertakan nomor telephon atau email yang bisa dihubungi. Facebook dapat membantu Anda membangun sebuah iklan yang sangat besar.

7. Gunakan Foto Berbayar

Ada pendapat berbeda soal masalah foto ini, bagi para pengusaha kecil, mereka terbiasa mengambil foto dengan cara gratis, tapi jika perusahaan anda cukup besar disarankan mengambil foto berbayar seperti membeli dari tempat para Fotograper Shutterstock atau 500px sekedar berjaga-jaga agar terhindar dari hukum hak cipta. Akan lebih baik jika foto-foto yang anda gunakan adalah foto anda sendiri

8. Gunakan Video

Anda tidak bisa mengabaikan kekuatan video. Seratus juta jam sebuah video ditonton setiap hari di Facebook. Iklan yang berupa video adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian pasar. Jika Anda punya pesan yang lebih panjang, dengan video iklan yang sepersekian detik saja bisa dengan cepat menampilkan 10 gambar mengenai iklan anda.

9. Uji Iklan Anda 

Setelah beriklan, anda perlu menyewa ahli atau manager iklan, apakah iklan yang selama ini ditampilkan di facebook sangat efektif dalam membangun perusahaan?. anda perlu mengujinya setahap demi setahap, apakah kekurangannya terletak dari visual gambar atau waktu yang tidak tepat dalam mempromosikan iklan?

10. Selalu Jadilah Teliti

Pada akhirnya, anda sendiri lah yang menentukan apakah iklan yang anda tampilkan efektif atau tidak, selalu teliti, luangkan waktu untuk memahami pasar dan segala sesuatu yang diterapkan dalam iklan Facebook. Jika anda tidak teliti, anda akan kehilangan beberpa kesempatan bagus dalam membangun bisnis. Sebagai contoh, pastikan anda memahami tentang target iklan, bisa jadi anda mentarget kota Jakarta tapi nyatanya iklan tersebut malah dibaca oleh orang-orang yang 10 Kilometer jaraknya jauh dari kota Jakarta.

Comments
0 Comments