August 30, 2017

Mantap !! Hanya Di Era Jokowi, 3 Bandara Ini Jadi No 1 Di Dunia

Tags

Baca Juga



Dahsyat Luar Biasa, Airports Council International (ACI) menilai bahwa Tiga bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I masuk dalam peringkat 10 besar di dunia dengan tingkat kepuasan penumpang tertinggi pada kuartal I/2017.

Perlu diketahui bahwa ACI adalah organisasi bandara terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Program Airport Service Quality (ASQ) dari ACI merupakan program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara.

Untuk diketahui, program ASQ, mengukur opini dari 34 indikator kerja, antara lain
- Akses bandara
- Check in
- Security screening
- Fasilitas belanja
- Restoran
- Toilet


Penghargaan PT Angkasa Pura Tahun 2017


ASQ juga menjadi standar dunia untuk mengukur tingkat kepuasan para penumpang di seluruh bandara di dunia. Mari kita tengok satu persatu kelebihan dari 3 Bandara yang masuk kategori Bandara terbaik di dunia. Ketiga bandara itu adalah


1. Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur

Bandara Sepinggang Balikpapan
Dengan Peringkat pertama dari total 85 bandara terbaik di dunia pada kategori penumpang 5-15 juta orang per tahun. Bandara Udara ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I yang di buka pada tahun 1997 (jaman Soeharto), memiliki luas 300 hektar.

Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (IATA: BPN, ICAO: WALL) adalah bandar udara yang melayani penerbangan untuk Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandar udara ini dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura I dan dibuka pada tanggal 6 Agustus 1997.

Bandara ini merupakan bandar udara ke-4 terbesar di Indonesia, dari 13 bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I. pengembangan Bandara pada lahan-lahan kosong juga terus diperbaharui antara lain hotel transit meeting room, mini market dan restaurant.
Informasi Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman




2. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Bandar Udara Ngurah Rai

Menduduki peringkat kedua dari total 37 bandara di dunia, pada kategori jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun.  Mengutip dari wikipedia, Bandar Udara Internasional Ngurah Rai adalah bandar udara internasional yang terletak di sebelah selatan Bali, Indonesia, tepatnya di daerah Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, berjarak sekitar 13 km dari Denpasar.

Nama Bandara ini mengambil nama dari seorang pahlawan Indonesia dari Bali bernama Ngurah Rai. Bandar Udara Ngurah Rai dibangun pada tahun 1930 (Sebelum Indonesia Merdeka) pembangunan Bandara ini diprakarsai oleh Departement Voor Verkeer en Waterstaats (semacam Departemen Pekerjaan Umum) pada waktu itu. Saat ini Bandara Ngurah Rai dikelola langsung oleh pemerintah Indonesia melalui PT Angkasa Pura I
Informasi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali


3. Bandara Juanda Surabaya

Juanda Surabaya
Bandara tersibuk kedua di Indonesia ini menempati posisi 10 pada kategori Bandara terbaik di Dunia. Bandara ini dibuka pada tahun 1960 (Jaman Presiden Soekarno). mengutip wikipedia, Bandara ini memiliki panjang landasan 3000 meter dengan luas terminal sebesar 51.500 m², atau sekitar dua kali lipat dibanding terminal lama yang hanya 28.088 m².

Bandara Juanda yang baru ini juga dilengkapi dengan fasilitas lahan parkir seluas 28.900 m² yang mampu menampung lebih dari 3.000 kendaraan. Saat ini Bandara Juanda dikelola dan dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I.
Informasi Bandara Juanda Surabaya


Bandara Soekarno Hatta

Sementara itu Bandara Soekarno Hatta sendiri menjadi Bandara Paling Berkembang di Dunia,versi perusahaan Skytrax, sebuah perusahaan konsultan yang berpusat di Britania Raya. Perusahaan ini bergerak dalam melakukan survei untuk menentukan maskapai, bandar udara, hiburan dalam pesawat, staff, dan elemen perjalanan udara terbaik lainnya.

Tak tanggung-tanggung, pada tahun 2017 ini, Bandara Soekarno Hatta mendapat peringkat pertama dari 10 bandara paling berkembang di dunia.
Bandara Soetta No 1 Paling Berkembang Di Dunia 


Berikut adalah daftar sepuluh bandara paling berkembang di dunia versi Skytrax:


1. Soekarno–Hatta, Indonesia

2. Hamad Doha, Qatar

3. Houston IAH, Amerika Serikat

4. Delhi, India

5. Haikou Meilan, China

6. Guangzhou, China

7. Phoenix, Amerika Serikat8. Tokyo Narita, Jepang

9. Paris CDG, Perancis

10. Los Angeles, Amerika Serikat.


Sumber Referensi
Bisnis.com, wikipedia, Kompas.com

Comments
0 Comments