July 26, 2017

Rahasia Uang (6): Berdoa untuk Menang

Tags

Baca Juga


Manusia terbuat dari tanah, bumi selalu di injak, tidak seperti iblis yang terbuat dari api, kedudukan api lebih bermanfaat ketimbang tanah. Setidaknya api dijadikan tempat menanak nasi, kompor, tungku api, bisa bakar sampah, sedangkan tanah?, Dibandingkan dengan iblis saja manusia kalah tiga langkah, 10 ribu tahun sebelum Adam wujud, Iblis sudah beribadah kepada tuhan.

Sujud itu kepala di bawah pantat di atas, kepala ini isinya panca indra, otak, telinga, hidung, mulut, mata, semua panca indera ada di kepala, kalau manusia tidak punya kaki dan tangan belum seberapa, tapi kalau tidak punya kepala orang akan mati. Kepala yang luar biasa ini dalam sujud ditempatkan di bawah. Sujud memiliki makna bahwa manusia harus merendah di hadapan tuhan. Kenali diri kita, kelemahan kita, niscaya akan mengenal kebesaran dan kekuatan Tuhan.

Ketika susah tidak punya uang dan biaya, mulut mengaduh meminta pada tuhan, ketika bosan bekerja, ruwet pikiran mengerjakan ini itu, mata bercucur air mata, lagi-lagi otak mengingat tuhan, kita ini lemah, bahkan lebih lemah dari semut dan burung, semut tidak pernah mengaduh walau tubuhnya kecil, burung tidak mengaduh walau setiap hari terbang mencari makan.

Bisnis itu ibarat judi, kalau perjudian bisa di hitung dan dikalkulasi semua orang akan untung besar, kasino akan bangkrut. Bisnis itu ibarat permainan, makanya butuh keberuntungan, sekali lagi butuh keberuntungan. Semua orang bisa jadi mendirikan warteg, sama-sama mendirikan restoran padang, bengkel mobil, pabrik tahu, perumahan, tapi yang menang cuma satu, yang beruntung cuma dua, yang bernasib kaya cuma tiga. Bisnis itu perjudian, permainan, semuanya butuh keberuntungan dan nasib menjadi pemenang.

Kita ini kadang salah memegang kalkulator, yang diluar kita tidak pernah masuk hitungan. Ada orang tiga puluh puluh tahun kerja tapi tidak kaya-kaya, giliran tetangga saya duapuluh tahun hidup melarat tiba-tiba kedapatan proyek menemukan urat emas di salahsatu gunung di Banten, tiap bulan dapat pesangon dari pertambangan, sekarang dia kayaraya, padahal tidak pernah kerja. Orang Tangerang beli rumah sederhana di daerah Serang, ketika dia menggali sumur dibelakang rumah tiba-tiba air muncrat, ternyata ada mata air, jadilah dia tukang jualan air, se kota Serang orang mengeluh karna kemarau panjang, dia gembira karna bisa jualan air tawar dengan omzet jutaan tiap bulan, orang butuh keberuntungan dalam perjudian dan permainan. Siapa yang bisa menang judi? Tentunya yang beruntung, bukan yang menghitung.

Dalam bisnis itu kadang punya ide tapi tidak dapat modal, kadang punya banyak harta, tidak punya kesempatan. Kadang punya harta, punya ide, tapi kesempatan dan waktu luang tidak punya. Ketika mulut mengaduh, kondisi terjepit, kesempatan makin sedikit, umur makin tua, untuk memulai bisnis saja teramat susah, jalan satu-satunya ya bersujud, tundukan kepala yang penuh ide brilian ini dihadapan tuhan yang maha segala.

Kita ini tanah yang selalu diinjak, kita bukan api, bukan cahaya, bukan zamrud, jalan satu-satunya disamping keras bekerja pantang menyerah juga berdoa kepada tuhan. Berdoa harus lengkap, tuhan bukan tuli, Dia tahu kerentek hati, tapi Dia menunggu, menunggu manusia untuk berikhtiar, ucapkan doa dengan penuh penghayatan, dengan tetesan air mata dan kesadaran bahwa kita ini lemah, kita ini tanah, kita tidak punya daya, jangan minta uang, rezeki itu tidak selamanya berupa uang, tapi juga ide brilian, kesempatan, modal dan keberuntungan.

Tuhan  tidak pernah mengecewakan mereka yang minta kepadanya, kadang dia tidak memberi kita ide brilian, tapi memberi kita kesehatan. Anak sehat istri sempurna. Kesehatan juga penting dalam hidup, berapa juta dollar orang dioprasi anusnya hanya ingin kentut, dioperasi paru-parunya demi napas, dioperasi kornea demi melihat. Rahasia uang selalu bersinggungan dengan kekuasaan Tuhan, ternyata ada yang mengatur hidup ini, minta kepada yang mengatur kita. Tuhan, tolong atur hidup kami, beri kami ide, kesempatan, modal yang banyak, dan tentunya keberuntungan jadi pemenang. (*)

Comments
0 Comments